Upaya memperkenalkan potensi Kabupaten Pemalang yang
didominasi masysrakat agraris tak henti-hentinya dilakukan Forum for Economic
Development and Employment Promotion (FEDEP) sebagai lembaga yang dikomandani
Bappeda Kabupaten untuk mempromosikan produk kreatif yang ditekuni masyarakat
dalam skala Usaha Kecil Menengah (UKM).
Bentuk konkritnya pada tanggal 19 - 23 Juli 2015,
Fedep ; Gelar Bazar Produk Khas Pemalang di Waterpack Widuri dengan
difasilitasi area oleh Disbudpar Kab.Pemalang, mengenalkan produk khas pemalang
yang diproduksi oleh beberapa UKM binaan Fedep Bappeda Pemalang, adapun
beberapa produk yang dikutkan dalam bazar ini diantaranya ; Ogel-Ogel, Vitanas,
wajik nanas, stik buah belage, Abon Lele, Abon Bandeng, Kerupuk Lele,
Baci-baci, Ba’as Bandeng, Stick Bandeng, Dodol Nanas, Manisan Nanas, Telur Asin
Asap, Telur Omega 3, emping jagung, stick pangsit bayam, Jahe merah serbuk, Teh
bunga Rosela, Keripik pisang, aneka keripik buah arneta, kerupuk nanas, Keripik
Tempe sagu, kerupuk tengiri, amplang tengiri, peapple nanas, dan masih banyak
produk kreatif lainnya.
Kegiatan yang memanfaatkan moment liburan Idul Fitri
ini, merupakan salah satu strategi pemasaran produk khas pemalang (Produk UMKM)
, yang tepat mengingat pada moment liburan Idul Fitri banyak masyarakat dari
luar kab.pemalang dan pemalang sendiri berkunjung ketempat wisata yang ada di
kab.pemalang ; seperti waterpack widuri. Sehingga keinginan masyarakat untuk berbelanja
khususnya mencari produk khas pemalang termasuk menjadi salah satu tujuan
selain berwisata ke widuri pemalang.
Banyak produk UMKM yang diburu, karena kreatifitas
produk, rasa enak dari produk, serta keunggulan produk dengan tidak menggunakan
bahan makanan berbahaya yang merusak kesehatan. Testimoni dari para pengunjung
yang berbelanja distand Fedep merasa puas, karena keunikan produk membuat
produk ukm ini menarik untuk dibeli, selain menarik produk-produk kreasi ukm
hampir keseluruhan tidak terdapat dipasar modern, sehingga moment bazar produk
khas pemalang menjawab banyak pertanyaan masyarakat pemalang yang bingung dalam
mencari produk oleh-oleh pemalang.
“Sekarang kami tidak bingung lagi mencari oleh-oleh pemalang, karena
semua ada di FedepMart “ini yang menjadi daya saing antara produk kreatif ukm,
dengan produk nasional yang banyak membanjiri disupermarket (Imbuh Pak.Imam ;
pengunjung dari Kab.Batang).
Fedep Bappeda Pemalang melaui FedepMart mempunyai
harapan besar, agar produk lokal bisa menjadi produk unggulan yang selain
menjadi oleh-oleh, juga bisa menjadi produk untuk konsumsi harian, sehingga
upaya untuk pengembangan ekonomi lokal (PEL), berbasis pengembangan usaha kecil
micro, bisa berkembang maju mensejahterakan pelaku usaha micro.
Kegiatan promosi melalui bazar dan pameran, menjadi
salah satu agenda yang akan rutin dilakukan oleh Fedep Bappeda Pemalang, dengan
terus mengkampanyekan “bangga dengan produk lokal, kenali dan konsumsi ; 100 %
Pemalang ,100 % Indonesia.
Ditulis Oleh ; Elman Prasetyo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar