Rabu, 29 Juli 2015

Bazar Produk Khas Pemalang Fedep Bappeda ; Kenalkan Potensi Usaha Kreatif.



Upaya memperkenalkan potensi Kabupaten Pemalang yang didominasi masysrakat agraris tak henti-hentinya dilakukan Forum for Economic Development and Employment Promotion (FEDEP) sebagai lembaga yang dikomandani Bappeda Kabupaten untuk mempromosikan produk kreatif yang ditekuni masyarakat dalam skala Usaha Kecil Menengah (UKM).

Bentuk konkritnya pada tanggal 19 - 23 Juli 2015, Fedep ; Gelar Bazar Produk Khas Pemalang di Waterpack Widuri dengan difasilitasi area oleh Disbudpar Kab.Pemalang, mengenalkan produk khas pemalang yang diproduksi oleh beberapa UKM binaan Fedep Bappeda Pemalang, adapun beberapa produk yang dikutkan dalam bazar ini diantaranya ; Ogel-Ogel, Vitanas, wajik nanas, stik buah belage, Abon Lele, Abon Bandeng, Kerupuk Lele, Baci-baci, Ba’as Bandeng, Stick Bandeng, Dodol Nanas, Manisan Nanas, Telur Asin Asap, Telur Omega 3, emping jagung, stick pangsit bayam, Jahe merah serbuk, Teh bunga Rosela, Keripik pisang, aneka keripik buah arneta, kerupuk nanas, Keripik Tempe sagu, kerupuk tengiri, amplang tengiri, peapple nanas, dan masih banyak produk kreatif lainnya.

Kegiatan yang memanfaatkan moment liburan Idul Fitri ini, merupakan salah satu strategi pemasaran produk khas pemalang (Produk UMKM) , yang tepat mengingat pada moment liburan Idul Fitri banyak masyarakat dari luar kab.pemalang dan pemalang sendiri berkunjung ketempat wisata yang ada di kab.pemalang ; seperti waterpack widuri. Sehingga keinginan masyarakat untuk berbelanja khususnya mencari produk khas pemalang termasuk menjadi salah satu tujuan selain berwisata ke widuri pemalang.

Banyak produk UMKM yang diburu, karena kreatifitas produk, rasa enak dari produk, serta keunggulan produk dengan tidak menggunakan bahan makanan berbahaya yang merusak kesehatan. Testimoni dari para pengunjung yang berbelanja distand Fedep merasa puas, karena keunikan produk membuat produk ukm ini menarik untuk dibeli, selain menarik produk-produk kreasi ukm hampir keseluruhan tidak terdapat dipasar modern, sehingga moment bazar produk khas pemalang menjawab banyak pertanyaan masyarakat pemalang yang bingung dalam mencari produk oleh-oleh pemalang.  “Sekarang kami tidak bingung lagi mencari oleh-oleh pemalang, karena semua ada di FedepMart “ini yang menjadi daya saing antara produk kreatif ukm, dengan produk nasional yang banyak membanjiri disupermarket (Imbuh Pak.Imam ; pengunjung dari Kab.Batang). 

Fedep Bappeda Pemalang melaui FedepMart mempunyai harapan besar, agar produk lokal bisa menjadi produk unggulan yang selain menjadi oleh-oleh, juga bisa menjadi produk untuk konsumsi harian, sehingga upaya untuk pengembangan ekonomi lokal (PEL), berbasis pengembangan usaha kecil micro, bisa berkembang maju mensejahterakan pelaku usaha micro.

Kegiatan promosi melalui bazar dan pameran, menjadi salah satu agenda yang akan rutin dilakukan oleh Fedep Bappeda Pemalang, dengan terus mengkampanyekan “bangga dengan produk lokal, kenali dan konsumsi ; 100 % Pemalang ,100 % Indonesia.







Ditulis Oleh ; Elman Prasetyo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar